Semua Perlu Diketahui Tentang Konsultasi Dokter Gigi

Jaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gigi rutin ke dokter gigi. Dokter akan membantu merawat dan menemukan adanya masalah sedini mungkin sebelum kondisi gigi Anda semakin memburuk. Berikut ini yang perlu Anda ketahui tentang dokter gigi.

Apa itu dokter gigi?

Dokter gigi adalah seorang dokter yang mendiagnosis, merawat, dan mengelola kebutuhan perawatan kesehatan mulut Anda secara keseluruhan, termasuk perawatan gusi, saluran akar gigi, tambalan gigi, mahkota gigi, veneer, jembatan gigi, dan pencegahan.

Area perawatan dokter gigi tidak hanya mencakup gigi dan gusi, tetapi juga otot kepala, leher, rahang, lidah, kelenjar ludah, sistem saraf kepala dan leher, serta area lainnya.

Dokter gigi akan memeriksa gigi dan gusi Anda secara menyeluruh. Mereka juga mencari benjolan, pembengkakan, perubahan warna, ulserasi, dan kelainan apa pun. Jika ditemukan masalah, mereka akan melakukan prosedur seperti biopsi, tes diagnostik untuk penyakit kronis atau infeksi, fungsi kelenjar ludah, dan tes skrining untuk kanker mulut.

Dokter gigi dapat mencari tanda bahaya awal di mulut yang mengindikasikan penyakit di bagian lain tubuh Anda. Pelatihan dokter gigi juga memungkinkan mereka untuk mengenali situasi yang memerlukan rujukan pasien untuk perawatan oleh spesialis gigi atau dokter.

Kemampuan dokter gigi

Seorang dokter gigi mampu mendiagnosis dan merawat kondisi yang berkisar dari perawatan gigi rutin hingga sangat kompleks. Dokter gigi adalah dokter yang mengkhususkan diri pada kesehatan mulut. Tugas mereka meliputi:

  1. Mendiagnosis penyakit mulut.
  2. Mengevaluasi hasil X-ray dan tes diagnostik.
  3. Memastikan penggunaan anestesi yang aman.
  4. Mempromosikan kesehatan mulut dan pencegahan penyakit.
  5. Memantau pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang.
  6. Melakukan prosedur pembedahan pada gigi, tulang, dan jaringan lunak rongga mulut.
  7. Membuat rencana pengobatan untuk memelihara atau memulihkan kesehatan mulut pasien.

Kerjasama tim antara dokter gigi dengan dokter ahli di bidang lainnya sangat penting untuk memastikan perawatan mulut yang aman dan efektif. Bahkan prosedur yang dilakukan rutin seperti pencabutan gigi, persiapan dan penempatan tambalan, atau pemberian anestesi memiliki potensi risiko komplikasi, seperti infeksi, kerusakan saraf sementara atau permanen, perdarahan berkepanjangan, hematoma, dan nyeri.

Perbedaan dokter gigi umum dengan spesialis bedah mulut

Anda punya banyak pilihan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut. Sebagai langkah pertama, cari tahu spesialisasi gigi yang terbaik untuk kebutuhan Anda saat ini, salah satunya dengan memahami perbedaan antara dokter gigi umum dan ahli bedah mulut.

Dokter gigi umum berperan sebagai penyedia perawatan primer untuk kedokteran gigi. Mereka dapat melakukan pembersihan gigi, rontgen, dan pemeriksaan menyeluruh untuk masalah gigi.

Umumnya dokter gigi umum sering memberikan perawatan gusi, tambalan gigi, saluran akar gigi, veneer, jembatan gigi, dan mahkota gigi. Mereka juga membuat rekomendasi cara mencegah masalah gigi yang umum.

Meskipun dokter gigi umum dapat melakukan pencabutan gigi sederhana, operasi yang lebih kompleks mungkin berada di luar cakupan kompetensi dokter gigi umum.

Ahli bedah mulut menerima pelatihan khusus untuk menangani berbagai kondisi yang memengaruhi wajah, mulut, dan rahang. Anda biasanya dirujuk ke ahli bedah mulut jika masalahnya berada di luar cakupan keahlian dokter gigi umum.

Ahli bedah mulut dapat melakukan pencabutan gigi sederhana dan kompleks, termasuk pencabutan gigi bungsu. Mereka juga memberikan perawatan kepada korban kecelakaan yang membutuhkan operasi gigi rekonstruktif.

Mereka juga dapat melakukan biopsi jaringan lunak, pengangkatan tumor, operasi penyelarasan rahang, perbaikan jaringan lunak, atau penempatan implan.