3 Tips Memilih Dokter Gigi yang Tepat

Perawatan gigi teratur merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan, oleh sebab itu kita dianjurkan tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi melakukan pengecekan gigi, atau membersihkan karang gigi (scaling).

Ada 3 tips untuk memilih dokter gigi. Tujuannya adalah agar kita bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari dokter gigi profesional dan kita sebagai pasien merasa nyaman saat menjalani tiap prosedur dentistry yang diberikan.

Pengecekan Dasar

Beberapa hal mendasar yang perlu diketahui saat memilih dokter gigi diantaranya:
• Apakah dokter giginya memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik (SIP), dan merupakan anggota PDGI
• Lokasi klinik gigi yang terjangkau dari rumah atau tempat kerja Anda
• Jam kerja dokter gigi yang sesuai dengan jadwal Anda
• Ketahui apakah dokter gigi anda menerima asuransi kesehatan, baik BPJS ataupun asuransi kesehatan swasta
• Kenyamanan dan kehigienisan klinik
• Metode pembayaran yang disediakan

Jenis Layanan yang Tersedia dan Harga

Tips memilih dokter gigi selanjutnya adalah mengetahui jenis perawatan gigi yang tersedia di dokter gigi tersebut. Biasanya tidak semua dokter gigi mengerjakan semua prosedur karena beberapa tindakan hanya dapat dikerjakan oleh dokter gigi spesialis. Namun pada umumnya dokter gigi harus memberikan jenis pelayanan sebagai berikut:

Tambal gigi, cabut gigi, perawatan behel, pemasangan gigi palsu, crown/bridge, veneer, bleaching, perawatan saluran akar (PSA), pengobatan gigi, scaling (pembersihan karang gigi), pengecekan gusi dan mulut.

Sebaiknya dokter gigi yang anda pilih memberikan layanan konsultasi gigi gratis. Di mana Anda bebas bertanya dengan dokter gigi Anda, dan dicek langsung sebelum akhirnya memutuskan jenis perawatan gigi yang Anda inginkan.

Mengecek Reputasi Dokter Gigi

Di jaman digital ini kita sangat dimudahkan dalam melakukan riset pencarian dengan menggunakan aplikasi yang ada seperti Google, Facebook, YouTube, Instagram, dan media sosial lainnya. Sebagai calon pasien kita bisa mengecek dokter gigi kita dari Google Maps, guna mengetahui lokasi persisnya dan juga rating dokter tersebut. Praktik dokter gigi yang ramai biasanya akan mendapatkan banyak ulasan dan followers di media sosial.

Kita juga bisa membaca review dari beberapa pasien sebelumnya yang mungkin pernah ke dokter gigi tersebut. Biasanya juga, Google Maps akan memberikan foto/gambar dari praktek dokter gigi tersebut, baik tampak depan, interior, maupun saat klinik tersebut dikunjungi pasien lainnya. Dengan demikian kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas akan pelayanan yang akan diberikan.

Selain itu pada umumnya klinik gigi juga memiliki akun media sosial yang bisa kita kunjungi, seperti Facebook, dan Instagram. Pada kedua akun media sosial tersebut kita bisa melihat dokumentasi foto pengerjaan kasus dokter gigi yang biasanya dipublikasi oleh dokter gigi tersebut, seperti melihat gambar before, after, serta suasana klinik.